Visi dan Misi

Visi

“ MANTAP”. 

MANTAP merupakan akronim atau singkatan dari MAJU, MANDIRI, SEJAHTERA, AGAMIS dan PRODUKTIF.

Misi

1. Menciptakan Pemerintahan yang Bersih, Berwibawa, dan Inovatif.

Dalam misi ini diharapkan terwujud birokrasi yang bersih dan profesional dengan  organisasi dan sistem pemerintahan yang semakin berkualitas. Untuk itu juga perlu ditunjang oleh keberadaan sumberdaya aparatur yang semakin profesional, sehingga terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima disertai penegakkan aturan perundang-undangan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. + inovasi kebijakan fiskal daerah.

2. Mewujudkan Sumberdaya Manusia yang Berdaya Saing dengan     Ditopang Nilai-nilai Agamis dan Kultur Budaya Daerah.

Dalam misi ini pembangunan diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara memiliki tingkat pendidikan yang semakin tinggi, berdaya saing, dan memiliki kemandirian yang ditunjang oleh kadar keimanan dan ketaqwaan yang semakin baik dan terimplementasi sesuai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Kualitas sumber daya masyarakat menjadi salah satu prasyarat utama pencapaian tingkat kesejahteraan secara menyeluruh bagi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara.

3. Menciptakan Kesejahteraan Masyarakat yang Berbasis     Pengembangan        Ekonomi dan Sumberdaya Lokal dengan Berlandaskan Potensi Daerah.

Pada misi ini arah pembangunan adalah untuk terciptanya perekonomian masyarakat yang semakin maju dan berkembang dengan berlandaskan pada potensi daerah khususnya rawa. Optimalisasi pemanfaatan lahan rawa dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu diupayakan peningkatan pengelolaan lahan rawa secara berkelanjutan, yang diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan produksi dan nilai tambah sektor pertanian dalam arti luas. Disamping itu juga untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan daerah. Secara agregat akan semakin tercipta struktur perekonomian yang kuat dengan tingkat pertumbuhan yang berkualitas dan merata, yang tergambar dengan semakin terwujudnya  transformasi ekonomi melalui integrasi perekonomian yang bersifat primer (pertanian) dengan perekonomian yang bersifat sekunder (industri), serta ketimpangan/disparitas yang kecil di masyarakat. Pada misi ini juga dikehendaki perkembangan pada sektor produksi barang dan jasa yang menjadi sektor pelengkap (komplementer) terhadap potensi tenaga kerja lokal yang dimiliki oleh daerah. Dalam konteks ini diupayakan penyerapan tenaga kerja produktif yang lebih banyak. Selanjutnya peran usaha mikro, kecil dan menengah dapat berkembang dan pendapatan perkapita masyarakat dapat meningkat, yang berimplikasi pada penurunan persentase kemiskinan.

4. Membangun infrastruktur Daerah yang Terintegrasi dengan Sektor       Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Lokal.

Infrastruktur merupakan kebutuhan mendasar untuk memudahkan masyarakat dapat dijangkau oleh layanan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan juga dapat memudahkan masyarakat melakukan kegiatan ekonomi. Arah pembangunan pada misi ini ditujukan untuk memberikan dukungan penuh bagi pengembangan aktivitas ekonomi di berbagai sektor. Selain itu juga  menyediakan sarana dan prasarana sosial kemasyarakatan lainnya yang lebih berkualitas dalam menunjang aktivitas kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat.

5. Melaksanakan Pembangunan Secara Arif Dengan Memperhatikan Kaidah  Kelestarian Terhadap Lingkungan dan Sumberdaya Alam.

Pada misi ini diarahkan pada perbaikan dan pemeliharaan lingkungan hidup serta terlaksananya prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan yang menjamin tetap tersedianya  sumberdaya  fisik maupun sumberdaya hayati secara lestari. Kondisi ini menjadi tuntutan agar semua kegiatan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan maupun pembinaan kemasyarakatan selalu memperhatikan tata kelola lingkungan yang berkesinambungan.

Profil Camat

Berita Terbaru

Upacara Peringatan Hari Kemerd 19 Oct 20 104 Views
KEGIATAN PENERAPAN DISIPLIN DA 12 Oct 20 92 Views
Pra Musrenbang 08 Jul 20 146 Views
Neque porro quisquam est, qui 28 Mar 18 166 Views
Ut enim ad minima veniam ullam 28 Mar 18 168 Views

Link Terkait